PENERAPAN BATANG NAPIER DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PBL

  • Siti Khayroiyah Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Sukmawarti Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Desniarti Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Keywords: Minat Belajar, Model PBL, Batang Napier

Abstract

Minat belajar merupakan salah satu hal penting yang dapat mempengaruhi berhasil tidaknya siswa memperoleh pembelajaran. Latar belakang masalah pada penelitian ini adalah minat belajar matematika siswa yang masih rendah, akibatnya hasil belajar siswa juga rendah. Sehingga peneliti terinspirasi untuk mengubah pembelajaran yang biasa dilakukan dengan menggunakan alat peraga batang napier. Tujuan penelitian adalah : Mengetahui peningkatan minat belajar matematika siswa kelas III SD Swasta Islam Terpadu Uli Arga pada perkalian bilangan cacah dengan menggunakan alat peraga batang napier. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan di SD Islam Terpadu Uli Arga Patumbak,yang beralamat di Jalan Mambang Diawan V No.8 Kecamatan Patumbak. Data dalam penelitian ini yaitu data penelitian tiap siklus. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD Islam Terpadu Uli Arga. Adapun luaran yang ditargetkan Jurnal Nasional Terkareditasi dan Prosiding Nasional serta HKI. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat meningkatakan minat belajar siswa dan ketuntasan belajar matematika siswa serta para guru dapat menerapkan model pembelajaran PBL dengan bantuan alat peraga batang napier sebagai salah satu acuan untuk model pembelajaran di sekolah.

Published
2022-07-05