ANALISIS KEMAMPUAN BAHASA INGGRIS MAHASISWA PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MUSLIM NUSANTARA AL WASHLIYAH MELALUI TOEFL

  • Yugi Diraga Prawiyata Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Ulian Barus Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Keywords: penguasaan Bahasa Inggris, kemampuan Bahasa Inggris, TOEFL

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan bahasa Inggris mahasiswa Program Pascasarjana UMN Al Washliyah melalui TOEFL. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif, dimana penulis mendeskripsikan dan menganalisis penguasaan Bahasa Inggris mahasiswa berdasarkan tes TOEFL. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa tingkat akhir Program Pascasarjana Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia UMN Al Washliyah pada tahun akademik 2021/2022 yang berjumlah 10 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diklasifikasikan sebanyak 5 orang mahasiswa memperoleh skor 447. Kemudian, sebanyak 2 orang mahasiswa memperoleh skor 450 dan 2 orang mahasiswa masing-masing memperoleh skor 433 dan 457. Terakhir, 1 orang mahasiswa dengan skor 460 sebagai pemeroleh skor tertinggi. Dengan kata lain, dapat disimpulkan bahwa penguasaan Bahasa Inggris mahasiswa melalui tes TOEFL berada pada level “Low Intermediate” atau “Menengah Bawah” dengan perolehan skor antara 420-480.

Published
2022-07-05