PENINGKATAN KETERAMPILAN PENULISAN ILMIAH MAHASISWA

  • Nazriani Lubis Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • M. Khalid Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Najunda Aulia Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Keywords: menulis ilmiah, parafrase, sitasi

Abstract

Keterampilan menulis ilmiah merupakan keterampilan komunikasi secara tertulis yang mengarah kepada keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengekplorasi kesulitan mahasiswa dalam menulis ilmiah. Untuk mencapai tujuan penelitian, metode penelitian R&D ini diaplikasikan dengan jumlah sample penelitian 70 orang mahasiswa FKIP UMN Al Washliyah. Instrumen penelitian adala; angket, data sekunder (draft proposal mahasiswa), lembar observasi, dan proses implementasi project-based learning dalam penulisan ilmiah berbantu alat digital. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa mahasiswa masih mengalami kesulitan dalam mensitesa informasi dari sumber bacaan sehingga mereka tidak melakukan parafrase dengan baik. Bahkan, mahasiswa masih memiliki kesadaran yang rendah dalam melakukan sitasi. Peningkatan performasi tulisan ilmiah mahasiswa perlu ditingkatan dengan implementasi Projcet-based Learning dengan berbantu alat digital untuk menghindari plagiarisme dalam penulisan ilmiah.

Published
2022-04-22