URGENSI UMPAN BALIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS

  • Asnawi Asnawi Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Wariyati Wariyati Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Fery Sanjaya Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Keywords: feedback, learning process, students’ comprehension

Abstract

Memberikan umpan  balik merupakan proses utama dalam pembelajaran yang akan memberikan informasi tentang perkembangan pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan mahasiswa dalam memahami suatu materi ajar. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi proses pemberian umpan balik di kelas Bahasa Inggris oleh dosen kepada mahasiswa. Dengan metode penelitian R&D, penelitian ini mengaplikasikan pendekatan tematik analisis, dan kualitiatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa dosen lebih dominan memberikan umpan balik verbal pada saat proses pembelajaran, dan mahasiswa sangat berharap dapat diberikan umpan balik tertulis untuk menilai grammar (tata bahasa), spelling (ejaan), dan revisi materi dengan memberikan penjelasan berupa kalimat.

Published
2022-06-28