EFEKTIVITAS PENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN EDMODO DALAM MENJAWAB SOAL BAHASA INDONESIA OLEH SISWA KELAS XII MM 1 SMK MULTI KARYA MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019

  • Fita Fatria, Tiflatul Husna UMN Al Washliyah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang penggunaan Edmodo sebagai media pembelajaran e-learning pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, untuk mengetahui kemampuan siswa ketika menggunakan Edmodo sebagai media pembelajaran e-learning. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan pada kelas XII MM 1 dengan melibatkan 31 orang siswa. Hasil penelitian diharapkan dapat menunjukkan bahwa media pembelajaran Edmodo untuk kelas XII MM 1 dapat menerima dengan baik penggunaan Edmodo sebagai media pembelajaran e-learning, guru juga sangat terbantu dengan adanya Edmodo, sebagai media pembelajaran e-learning Edmodo. Target luaran dalam penelitian ini adalah jurnal atau prosiding. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para siswa, guru dan kepala sekolah, serta civitas akademika danĀ  semua pihak agar dapat menggunakan media pembelajaran yang ekonomis dan efisien secara efektif guna mencapai tujuan pembelajaran berbasis e-learning.

Diterbitkan
2019-09-28