PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA DRAJA COFFEE KUALANAMU INTERNASIONAL AIRPORT

  • Adek Puspita Sari, Wan Dian Safina, Suhaila Husna Samosir UMN Al Washliyah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Store Atmosphere terhadap Loyalitas Pelanggan Draja Coffee Kualanamu Internasional Airport dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Store Atmosphere terhadap Loyalitas Pelanggan pada Draja Coffee Kualanamu Internasional Airport dengan jumlah sampel sebanyak 88 orang Pelanggan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear sederhana dengan rumus Y = a + bX , hasil uji koefisien kolerasi diperoleh nili rxy sebesar 0,759, berarti Store Atmosphere  berpengaruh positif dan kuat terhadap Loyalitas Pelanggan pada Draja Coffee Kualanamu Internasional Airport dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Store Atmosphere terhadap Loyalitas Pelanggan pada Draja Coffee Kualanamu Internasional Airport  menggunakan uji determinasi (R2). Hasil uji regresi linear sederhana dipeoleh persamaan Y = 10,840 + 0,738X, dimana Store Atmosphere mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap variabel Loyalitas Pelanggan. Nilai koefisien determinasi (R2) diperoleh sebesar 0,576 atau 57,6% yang berarti bahwa variabel Store Atmosphere berpengaruh terhadap Loyalitas Pelanggan pada Draja Coffee Kualanamu  Internasional Airport. Mengetahui diterima atau tidaknya hipotesis dalam penelitian ini, digunakan uji t (persial) yang diperoleh dari Store Atmosphere (X) memiliki nilai thitung 10,815. Dengan demikian Ha deterima karena thitung > ttabel. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa Store Atmosphere atau variabel bebas secara persial berpengaruh signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan atau variabel terikat.

 

Diterbitkan
2019-09-30