PELATIHAN TEKNIK “DRILLING” DALAM PENGAJARAN PENGUCAPAN BAHASA INGGRIS DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Pelatihan ini mengkaji teknik drilling dalam pembelajaran pengucapan bahasa inggris di SDIT Swasta Al-Habib. Para guru disekolah tersebut mengalami kesulitan dalam mengajar pengucapan bahasa inggris dikelas. Dengan teknik drilling diharapkan mampu meningkatkan pengucapan bahasa inggris dengan tepat. Pelatihan ini bertujuan untuk melatih para guru dalam pengajaran pengucapan bahasa inggris sekolah dasar. Teknik drilling adalah teknik pengajaran dengan menekankan proses latihan-latihan yang secara berulang-ulang dan sungguh-sungguh dalam pengajaran pengucapan bahasa Inggris. Dalam teknik ini terdapat beberapa tahapan yang efektif digunakan dalam pelaksanaan program pengabdian ini sehingga dapat menambah minat siswa terhadap pembelajaran. Ciri yang khas dari teknik ini adalah kegiatan berupa pengulangan yang berkali-kali dari suatu hal yang sama. Oleh karena itu, para guru SDIT Swasta Al-Habib diharapkan lebih kreatif dan aktif dalam mengajarkan pengucapan bahasa inggris. kegiatan ini, dalam mengajarkan pengucapan dalam bahasa inggris para guru dapat menggunakan alat seperti pengeras suara (loudspeaker) sebagai media untuk mendengarkan bagaimana cara pengucapan kata dalam bahasa inggris. Teknik pengajaran pengucapan dalam bahasa inggris yang tepat untuk siswa disekolah dasar adalah belajar mengenali semua suara dan bunyi dalam bahasa inggris.