PEMBINAAN GURU SD SWASTA PEMBANGUNAN DALAM PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW DAN TWO STAY TWO STRAY (TSTS)

  • Desniarti Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Siti Khayroiyah Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
Keywords: model pembelajaran, kooperatif, jigsaw, two stay two stray

Abstract

Adapun yang menjadi permasalah dalam pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah: (1)  Pengetahuan guru-guru SD Swasta Pembangunan Patumbak mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif  jigsaw dan two stay two stray masih kurang; (2) Guru jarang sekali menerapkan pembelajaran kooperatif  jigsaw dan two stay two stray di kelas; (3) Guru masih terbiasa menerapkan model pembelajaran konvensional yang berpusat pada guru; (4) Guru menganggap menggunakan  model pembelajaran kooperatif jigsaw dan two stay two stray itu repot.  Adapun solusi yang coba ditawarkan disini adalah:melakukan kegiatan pembinaan untuk guru-guru SD Swasta Pembangunan Patumbak dalam penerapan model pembelajaran kooperatif  jigsaw dan two stay two stray. Adapun luaran yang dihasilkan dari kegiatan PKM ini terkait dengan solusi yang ditawarkan di atas adalah : (1) Meningkatnya pengetahuan guru penerapan model pembelajaran kooperatif  jigsaw dan two stay two stray; (2) Meningkatnya kualitas pembelajaran  yang dilakukan oleh guru di kelas; (3) Handout materi penerapan model pembelajaran kooperatif  jigsaw dan two stay two stray (4) Artikel ilmiah yang dimuat dalam  prosiding seminar nasional dan surat kabar online; (5) Laporan beserta dokumentasi (video) kegiatan pengabdian masyarakat yang diupload  pada youtube.Kesimpulan yang dapat diperoleh dari pelaksanaan program pengabdian kepada masyarakat  ini adalah : kegiatan sosialisasi ini dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru-guru mengenai penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dan two stay two stray di SD Swasta Pembangunan.

Published
2020-09-02