PKM STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERMUATAN KARAKTER UNTUK MENINGKATKAN KEPROFESIONALAN GURU DI SDIT ASH-SHOLIHIN DESA WONOSARI KECAMATAN TANJUNG MORAWA KABUPATEN DELI SERDANG PROVINSI SUMATERA UTARA

  • Irham Habibi Harahap Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Rosmilan Pulungan Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Dwi Novita Sari Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
Keywords: Problem Based Learning (PBL), Keprofesionalan Guru, Sekolah Dasar

Abstract

Pembelajaran berbasis penyelesaian masalah atau dikenal dengan Problem Based Learning (PBL) menjadi alternatif yang dapat ditawarkan untuk membentuk karakter anak sehingga cerdas dalam hal penyelesaian masalah. Beberapa permasalahan yang muncul dalam pendidikan saat ini di antaranya meliputi : Kurangnya kreativitas guru dalam penggunaan media pembelajaran dan strategi pembelajaran karena masih menggunakan metode ceramah, Guru mengalami kesulitan dalam mengembangkan pembelajaran yang bermuatan karakter, Guru mengalami kesulitan dalam menerapkan pembelajaran yang menyenangkan dan kreatif untuk siswa serta  tidak adanya fasilitas  dari pihak sekolah, Kurangnya contoh keteladanan karakter guru kepada siswa dan Kurangnya pelatihan terhadap guru untuk memahami pentingnya pendidikan karakter bagi siswa. Tema kegiatan ini adalah PKM Strategi Problem Based Learning (PBL) bermuatan karakter untuk meningkatkan keprofesionalan guru di SDIT Ash – Sholihin di Desa Wonosari Pasar VI Kecamatan Tanjung Morawa Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara. Tujuan dan hasil kegiatan ini adalah menambah khasanah ilmu dan wawasan khususnya bagi para guru maupun pelaksana pengabdian masyarakat dalam Strategi Problem Based Learning (PBL) bermuatan karakter untuk meningkatkan keprofesionalan guru. Dan metode pengajaran ini efektif memotivasi siswa dalam belajar. Metode pelaksanaan dalam kegiatan ini adalah melakukan pendekatan pada mitra, lalu metode ceramah dan diskusi.

Published
2020-09-07