SOSIALISASI STRATEGI PERSAINGAN BISNIS ONLINE DI ERA PANDEMI COVID 19 DI FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SIMALUNGUN

  • Pasu Malau Universitas Simalungun
  • Lenny Mutiara Ambarita Universitas Simalungun
  • Nelly Azwarni Sinaga STIE Al-Washliyah Sibolga
Keywords: Persaingan Sehat, Pandemi Covid 19, Strategi

Abstract

Pada masa Tahun 2020  Indonesia dihadapkan  dengan berbagai banyak persoalan  di dalam asfek ekonomi  akibat dari Pandemi Covid -19 , dimana kondisi ekonomi Indonesia memprihatinkan .Kondisi perekonomian  Indonesia  pemulihannya  saat ini menjadi focus dalam upaya penanganan. Diantaranya adalah :Perekonomian daripada masyarakat menurun, akibatnya  daripada penyebaran virus corona ini  sudah dirasakan oleh berbagai  lapisan masyarakat di Indonesia, mulai dari pedagang di pasar,  para pedagang sayur ,buah atau ikan dll..Di tengah Era Pandemi Covid 19 ini terjadi juga persaingan bisnis yang ketat. Metode Pelaksanaan, Didalam Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat  ini dilakukan di Universitas Simalungun (USI)  Metode Pelaksanaan yang digunakan antara lain : Metode Informasi Dan Diskusi. Di dalam Kegiatan ini  Metode ini Narasumber memperkenalkan terkait pemberian      informasi yang berkait materi yang akan di sampaikan Pada Tanggal 20 September 2020   dimana awalnya dulu Narasumber  yang kemudian dilanjut dengan diskusi. Metode Tanya Jawab, Didalam melaksanakan  kegiatan  Pengabdian Kepada Masyarakat  ini dengan menyampaikan materi kepada Fungsionaris ,Dosen dan Pegawai dilingkungan. Hasil Dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bahwa :Menyikap di dalam Persaingan Usaha ini maka  pelaku usaha harus gencar untuk melakukan promosi untuk memulihkan kinerja bisnis untuk memenangkan dari persaingan tersebut.Dengan melakukan promosi yang lebih gencar  tentunya akan memulihkan kinerja bisnis untuk memenangkan persaingan.Format iklan  yang paling efektif  dalam hal untuk menarik daripada konsumen  di tengah persaingan  yang sengit  adalah  dengan format iklan.Kunci keberhasilan daripada iklan  adalah kemampuan pelaku usaha dalam menonjolkan keunggulan daripada produknya.

Published
2020-10-16