SOSIALISASI STRATEGI PERSAINGAN BISNIS ONLINE DI ERA PANDEMI COVID 19 DI FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS SIMALUNGUN
Abstract
Pada masa Tahun 2020 Indonesia dihadapkan dengan berbagai banyak persoalan di dalam asfek ekonomi akibat dari Pandemi Covid -19 , dimana kondisi ekonomi Indonesia memprihatinkan .Kondisi perekonomian Indonesia pemulihannya saat ini menjadi focus dalam upaya penanganan. Diantaranya adalah :Perekonomian daripada masyarakat menurun, akibatnya daripada penyebaran virus corona ini sudah dirasakan oleh berbagai lapisan masyarakat di Indonesia, mulai dari pedagang di pasar, para pedagang sayur ,buah atau ikan dll..Di tengah Era Pandemi Covid 19 ini terjadi juga persaingan bisnis yang ketat. Metode Pelaksanaan, Didalam Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dilakukan di Universitas Simalungun (USI) Metode Pelaksanaan yang digunakan antara lain : Metode Informasi Dan Diskusi. Di dalam Kegiatan ini Metode ini Narasumber memperkenalkan terkait pemberian informasi yang berkait materi yang akan di sampaikan Pada Tanggal 20 September 2020 dimana awalnya dulu Narasumber yang kemudian dilanjut dengan diskusi. Metode Tanya Jawab, Didalam melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dengan menyampaikan materi kepada Fungsionaris ,Dosen dan Pegawai dilingkungan. Hasil Dari Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini bahwa :Menyikap di dalam Persaingan Usaha ini maka pelaku usaha harus gencar untuk melakukan promosi untuk memulihkan kinerja bisnis untuk memenangkan dari persaingan tersebut.Dengan melakukan promosi yang lebih gencar tentunya akan memulihkan kinerja bisnis untuk memenangkan persaingan.Format iklan yang paling efektif dalam hal untuk menarik daripada konsumen di tengah persaingan yang sengit adalah dengan format iklan.Kunci keberhasilan daripada iklan adalah kemampuan pelaku usaha dalam menonjolkan keunggulan daripada produknya.