PKM PELATIHAN PEMBUATAN MATERI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DENGAN MENGGUNAKAN MULTIMEDIA POWTOON PADA GURU MIS NURUS SALAM KEC. DELI TUA KABUPATEN DELI SERDANG

  • Sutarini Sutarini Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Rahmat Kartolo Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
Keywords: Bahasa Indonesia, Multimedia, Powtoon

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Nurus Salam berlokasi di Jl. Perwira Desa Mekar Sari, Kec. Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang. Sekolah yang berbasis Islami ini memiliki misi membentuk generasi Islam yang memiliki kemampuan secara fisik dan mental berilmu dan beramal serta berakhlak mulia; melaksanakan pendidikan intelektual, jasmani dan rohani, kemasyarakatan, keterampilan dan kesenian. Berdasarkan analisis situasi yang dilakukan oleh tim pengabdian, maka dapat diidentifikasi permasalahan mitra pengabdian antara lain (1) keterbatasan sekolah dalam pengadaan media pembelajaran yang berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi yang inovatif, (2) keterbatasan guru yang belum memiliki kompetensi dalam menggunakan media pembelajaran berbasis IT sebagai penunjang belajar daring maupun luring, (3) menurunnnya antusiasme siswa dalam belajar, sehingga guru harus ekstra menggali keahlian dan ilmu pengembangan untuk menarik bidang terapan yang menyenangkan dan mampu mengundang minat serta optimis siswa dalam belajar. Terkait permasalahan yang ada di sekolah mitra, maka tim pengabdi menawarkan solusi berupa (1) memberikan sosialisasi terkait pentingnya penggunaan multimedia sebagai sarana untuk tercapainya pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan baik pembelajaran daring maupun luring, (2) melakukan pelatihan pembuatan materi pembelajaran bahasa Indonesia dengan menggunakan multimedia Powtoon, (3) demonstrasi oleh guru, (4) melakukan evaluasi, dan (4) pendampingan berkelanjutan dalam jangka pendek. Pelatihan dan pendampingan yang dilakukan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat mendapat respon yang sangat bagus dan memberikan pengetahuan serta keterampilan guru dalam menggunakan multimedia powtoon. Ini terlihat dari kuesioner yang dibagikan pada akhir kegiatan. Dari informasi tersebut diperoleh bahwa secara keseluruhan 100% peserta merasakan manfaat dari kegiatan pelatihan pembuatan materi pembelajaran menggunakan multimedia powtoon. Sebagian besar peserta 85% menyatakan paham dalam menggunakan multimedia powtoon setelah dilakukan kegiatan ini. Berbekal pengetahuan dari pelatihan dan pendampingan yang telah dilakukan dalam kegiatan pengabdian, maka para guru sudah bisa membuat materi pembelajaran dengan menggunakan multimedia powtoon. Hasil luaran dari kegiatan pengabdian ini adalah draft artikel yang akan dipublikasikan melalui jurnal ber-ISSN online, prosiding dari seminar nasional ber-ISBN online, publikasi pada media massa cetak Koran Analisa, dan vidio dari hasil kegiatan pengabdian yang telah dilakukan dan diunggah ke channel youtube LP2M UMN AW.

Published
2021-06-04