MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA MELALUI PENERAPAN MEDIA EDMODO
Abstract
Menghadapi tantangan global pada abad-21 ini, dunia pendidikan khususnya pendidikan tinggi diharapkan mampu mepersiapakan dan mencetak lulusan yang berkompeten dan memiliki kemampuan komunikasi matematik agar mampu bersaing secara global. Untuk mencapai hal tersebut, guru sebagai penddik perlu berinovasi dalam merencanakan dan menyusun sebuah proses pembelajaran dengan strategi, metode, ataupun model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematik siswa. Model pembelajaran Edmodo yaitu model pembelajaran secara online dengan memanfaatkan teknologi yang semakin berkembang. Masalah yang selama ini ada yaitu pembelajaran masih menggunakan pembelajaran konvensional, pola interaksi masih satu arah yaitu berpusat pada guru, dan kurangnya memanfaatkan teknologi dalam melaksanakan proses pembelajaran. Tujuan penelitian mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, dengan siswa yang di ajar menggunakan model pembelajaran Edmodo dan mengetahui peningkatan kemampuan komunikasi matematik siswa yang di ajar menggunakan model pembelajaran Edmodo.