SOSIALISASI PERAN GURU DAN ORANGTUA DALAM PERKEMBANGAN NILAI MORAL DAN AGAMA BAGI ANAK USIA DINI DI TK AMANAH DESA SIGARA GARA KECAMATAN PATUMBAK

  • Juli Yanti Harahap Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Eryanti Lisma Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
Keywords: Nilai Moral dan Agama, Anak Usia Dini

Abstract

Perkembangan nilai-nilai moral dan agama adalah kemampuan anak untuk bersikap dan bertingah laku. Islam telah mengajarkan nilai-nilai positif yang bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat. Hal ini menyebabkan perlunya pengembangan pembelajaran terkait nilai nilai moral dan agama Perkembangan nilai agama dan moral merupakan memiliki kesadaran bahwa setiap perilakunya tidak terlepas dari pengawasan allah dan interaksi, suatu hubungan timbal balik antara anak dengan anak, antara anak dengan orang tua, antara peserta didik dengan pendidik dan seterusnya. Sedangkan Metode mendongeng merupakan kegiatan mendongeng atau bercerita adalah satu media komunikasi yang ampuh dalam mentransfer ide atau gagasan kepaqda anak dalam sebuah kemasan menarik.  perkembangan nilai-nilai agama dan moral anak usia dini antara lain: anak besikap imitasi (imitation) yakni mulai menirukan sikap, cara pandang serta tingkah laku orang lain, anak bersikap inernalisasi yakni anak sudah mulai bergaul dengan lingkungan sosialnya dan mulai terpengaruh dengan keadaan di lingkungan tersebut, anak bersikap introvert dan ekstrovert yakni reaksi yang ditunjukkan anak berdasarkan pengalaman.

Published
2022-04-07