PKM Pelatihan Pembelajaran Blended Learning dalam Implementasi Merdeka Belajar di Sekolah SMP Terpadu Al Farabi Kec.Sunggal

  • Nila Lestari Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Khairina Ulfa Syaimi Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Nurmairina Nurmairina Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
Keywords: Pelatihan, Pembelajaran, Blended Learning, Merdeka Belajar

Abstract

Lokasi Mitra Pengabdian di SMP Terpadu Al Farabi Kec. Sunggal, Fokus permasalahan dalam pelaksanaan pengabdian program kemitraan masyarakat ini adalah : 1) Kurangnya kemampuan guru untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan inovatif yang sesuai dengan perkembangan zaman; 2) Masih kurangnya  keterampilan guru dalam mengimplementasikan  pembelajaran berbasis  multimedia baik secara online maupun secara offline.; 3) Terbatasnya kemampuan, dan pengetahuan  guru dalam mengimplementasikan model pembelajaran konvensional dan pembelajaran e-learning dalam mengkombinasi pembelajaran; 4). Guru belum mengetahui penerapan model pembelajaran Blended learning. Solusi yang ditawarkan adalah : Mengadakan Pelatihan  Pembelajaran Blended Learning dalam Implementasi Merdeka Belajar di Sekolah SMP Terpadu Al Farabi Kec. Sunggal. Target Luaran yang ingin dicapai melalui program PKM ini adalah sebagai berikut: 1). Meningkatnya keterampilan guru untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan inovasi sesuai perkembangan zaman, 2). Guru  dapat menerangkan materi pembelajaran dengan jelas kepada siswa secara fleksibel ; 3) Artikel yang dimuat dalam jurnal nasional terakreditasi; 4) Artikel dapat di sampaikan pada seminar nasional ; 5) Publikasi pada media masa online; 6). Laporan beserta dokumentasi berupa video pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Rangkaian kegiatan: Tahap 1) Sosialisasi penerapan model pembelajaran Blended Learning 2). Pelatihan merancang model pembelajaran Blended 3). Evaluasi penerapan model  pembelajaran Blended Learning ; Tahap 4). Penulisan Laporan; Tahap 6). Diseminasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Dalam melaksanakan tugasnya, tim pengabdian memposisikan dirinya sebagai perencanaan pembimbing, pemberi informasi, Motivator, Tentor, Fasilitator serta bersama-sama sebagai evaluator.

Published
2022-04-07