PKM PEMANFAATAN ESTAFER PUZLE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL DAN MENGHUBUNGKAN POLA KATA ATAU CERITA DI TK AMANAH DESA SI GARA-GARA KECAMATAN PATUMBAK KABUPATEN SERDANG BEDAGAI SUMATERA UTARA

  • Tiflatul Husna Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Putri Juwita Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
Keywords: Anak usia dini, Estafet puzle, Permainan

Abstract

Perkembangan pesat akan dialami anak usia dini. Usia sejak dilahirkan sampai enam tahun adalah masa emas anak dalam fase imajinasi dan memperoleh asupan pemahaman citra yang baik dalam berbagai hal termasuk dalam proses belajar. Proses belajar yang terekam oleh anak haruslah sesuatu yang menyenangkan dan dapat meningkatkan daya kreatifitas.  Untuk meningkatkan dan menstimulus kecerdasan itu, dilakukan dengan kegiatan yang menarik sebab bermain dan bergembira adalah cara belajar pada taraf usiuini. Permainan yang dapat dilakukan yaitu bermain sesutau yang dapat merangsang gerak motoric, kemampuan bersosial, serta kecakapan individu.  Ada permainan yang memang dirancang untuk meningkatkan fisik motorik dan sosial anak seperti permainan estafet puzle. Estafet puzle menarik sekali untuk diaplikasikan karena dalam menyelesaikan permainan harus bekerja sama dan dalam usaha itulah terdapat nilai pembelajaran untuk mencapai satu titik tujuan. Estafet puzle adalah permainan yang bertujuan untuk mengasah kemampuan anak dalam mengenal dan menghubungkan pola, baik kata maupun cerita dengan disesuaikan dengan kemampuan siswa. Selain itu permainan puzle dapat melatih kemampuan kognitif, motorik, dan problem solving. Hasil pengabdian ini adalah meningkatnya pemahaman guru dan orang tua dalam memahamai pemanfaatan estafet puzzle untuk membantu anak dalam kemampuannya menghubungkan pola kata atau cerita di TK Amanah yaitu sekitar 90,95%.

Published
2022-04-08