Pelatihan Teknik Membaca Efektif 4S (Skimming, Scanning, Selecting, Skipping) Sebagai Upaya Peningkatan Kompetensi Para Guru Di SMK Swasta PAB 5 Kelambir Lima Pada Era Revolusi 4.0

  • Vera Kristiana Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Yayuk Yuliana Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
Keywords: pelatihan, teknik membaca efektif, kompetensi

Abstract

Kemampuan membaca merupakan salah satu standar kompetensi yang harus dimiliki para guru pada semua jenjang pendidikan, termasuk di jenjang Sekolah Menengah Kejuruan. Melalui kemampuan membaca cepat dan efektif diharapkan para guru mampu membaca dan memahami teks materi pembelajaran yang akan disampaikan kepada peserta didik dengan lebih mudah dan cepat. Kemampuan membaca cepat para guru saat ini memiliki kecenderungan rendah, khususnya para guru di SMK Swasta PAB 5 Klambir Lima yang merupakan mitra dalam kegiatan PKM ini. Membaca merupakan salah satu cara untuk memahami suatu informasi yang diterima. Permasalahan yang muncul adalah berkaitan dengan waktu dan kecepatan para guru dalam membaca. Beberapa guru malas membaca bukan karena tidak suka membaca, tetapi karena banyaknya waktu yang harus dihabiskan untuk membaca. Informasi yang berharga terkadang tidak dapat ditemukan dalam ringkasannya saja. Maka kemampuan untuk membaca dengan cepat dan efektif menjadi sangat berperan dan menjadi suatu kebutuhan. Membaca cepat merupakan satu jenis membaca yang dilakukan dengan tujuan agar para guru dalam waktu singkat dapat membaca bahan ajar dengan lebih lancar, serta dapat memahami isinya dalam waktu singkat. Berdasarkan permasalahan tersebut tim pengabdian UMN Al-Washliyah memutuskan untuk melaksanakan kegiatan PKM terhadap guru-guru di SMK Swasta PAB 5 Klambir Lima. Rencana kegiatan PKM tersebut dilaksanakan dengan memberikan pelatihan kepada para guru tentang teknik membaca efektif 4S (Skimming, Scanning, Selecting, Skipping) sebagai upaya peningkatan kompetensi mereka di era revolusi 4.0. Teknik tersebut diharapkan mampu membantu para guru dalam menyiapkan dan memahami bahan ajar secara lebih mudah dan cepat. Tutorial dan diskusi dilakukan sebagai metode untuk menjelaskan dan membimbing guru-guru tersebut dalam memahami teknik membaca efektif tersebut. Luaran dari kegiatan PKM ini berupa video kegiatan yang diunggah melalui akun you tube, publikasi artikel melalui media massa, dan publikasi artikel dalam prosiding nasional.

Published
2022-04-08