PELATIHAN METODE TPR DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN VOCABULARY DASAR BAGI GURU – GURU MIS JAMI’ATUL QOMAR, DALU X A, TANJUNG MORAWA, DELI SERDANG

  • Wariyati Wariyati Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Sujarwo Sujarwo Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Azhary Tambusai Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Annisa Zahra Hasibuan Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
Keywords: Pengajaran bahasa, Responsive, Komunikatif

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat adalah membantu, mendampingi dan memahamkan guru – guru dalam menemukan solusi bagi kesulitan dalam pembelajaran Bahasa Inggris yang kurang komunikatif dan responsive. Pelatihan ini sifatnya adalah lanjutan dari program pengabdian sebelumnya yang dilaksanakan oleh tim pelaksana pengabdian secara mandiri ditahun 2017. Dari hasil pendampingan sebelumnya menunjukkan bahwa para guru sudah berhasil dalam mengajarkan vocabulary dengan menyenangkan yang juga disertai dengan pemberian ice breaking dikelas. Hal tersebut terbukti dengan kosakata berbahasa Inggris yang diajarkan sudah mudah dipahami dan diingat oleh siswa. Perkembangan selanjutnya yang muncul adalah bahwa para siswa masih pada tahapan mengetahui arti kata namun belum benar – benar memaknai fungsinya dalam percakapan. Maka, program pengabdian kali ini akan menekankan tentang teknik penyampaian materi pembelajaran vocabulary yang responsive. Para guru akan dilatih lebih lanjut dengan diberikan bebrapa pemahaman seputar teknik penerapan total physical respons dan kata – kata sanjungan yang akan mampu menarik minat siswa dalam belajar dan untuk memotivas siswa untuk memberanikan diri berkomunikasi dalam Bahasa Inggris untuk tingkat basic secara lebih mudah lagi lugas.

Published
2022-04-08