PELATIHAN PENULISAN MATERI AJAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN TPACK (TECHNOLOGICAL PEDAGOGICAL CONTENT KNOWLEDGE) BAGI GURU – GURU SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TERPADU AL FARABI KEC. SUNGGAL

  • Zulfitri Zulfitri Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Isnan Nisa Nasution Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
Keywords: Pelatihan, Materi Ajar, Guru,TPACK

Abstract

Saat ini teknologi dan informasi berkembang dengan pesat. Sehingga, muncullah tantangan terkait penerapan teknologi dalam proses pembelajaran. Tantangan tersebut, tidak mudah dihadapi oleh guru, karena guru harus mampu menguasai teknologi dan menerapkan dalam proses pembelajaran. Untuk menjawab tantangan tersebut, sebuah kerangka teoritis penting yang muncul dalam penggunaan teknologi informasi dan komunikasi oleh guru saat ini adalah Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) (Rosyid, 2016). TPACK merupakan sebuah kerangka untuk mengintegrasikan teknologi dalam mengajar (Koehler, Mishra, Ackaoglu,& Rosenberg, 2013). Menurut Roysid (2016) Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) berfokus pada 3 komponen utama yaitu konten, pedagogik dan teknologi. Sehingga tulisan ini bertujuan memberikan pelatihan kepada para guru SMP Terpatu Al Farabi Kecamatan Sunggal berupa kemampuan untuk mengenali, memahami dan mengembangkan materi/bahan ajar dengan pendekatan TPACK. Kegiatan pelatihan dilakukan dengan menggunakan pelatihan secara tatap muka dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi serta menggunakan media infocus dan power point. Disamping itu Pelatihan ini bertujuan untuk membantu guru guru SMP Terpadu Al Farabi Kecamatan Sunggal dalam upayanya unutuk meningkatkan kemampuan/skill demi meningkatkan kualitas para siswa didik, sekaligus untuk melengkapi kewajiban kami sebagai dosen dalam kegiatan pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Adapun target luaran yang akan dicapai adalah (1) Terbangunnya kemauan dan ketertarikan para guru - guru SMP Terpatu Al Farabi Kecamatan Sunggal membuat materi/bahan menggunakan pendekatan TPACK (2) meningkatnya pengetahuan atau ilmu pada bidang Bahasa Inggris dan keterampilan membuat bahan ajar yang relevan dengan pembelajaran abad 21.

Published
2022-04-08