MENINGKATKAN KEMAMPUAN PRAKTEK IBADAH DAN BACA SISWA MADRASTAH TSANAWIYAH ASTHOFFAINA DALAM PEMBELAJARAN AL QUR`AN DENGAN MEMANFAATKAN KOMPUTER

  • Anwar Sadat Harahap Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Dalyanto Dalyanto Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
Keywords: Praktek Ibadah; Kemampuan Bacca Al Qur`An; Pembelajaran Al Qur`An; Komputer

Abstract

Tiga tahun terakhir ini, kondisi kemampuan siswa kelas II Madratsah Tsanawiyah Sewasta (MTS) Astoffaina dalam membaca dan memahami makna ayat-ayat Al Qur`an sudah sampai pada taraf yang cukup memprihatinkan. Pasalnya, sebagian besar dari mereka belum mampu membaca Al Qur`an dengan baik sesuai ketentuan ilmu Tajwid. Metode pelaksanaan yang digunakan oleh tim program pelaksanaan PKM dengan kedua mitra (Madratsah Tsanawiyah Astoffaina) dan (Kantor Biro Administrasi Kemahasiswaan) adalah dengan: 1) melakukan pendataan yang benar tentang jumlah dan identitas siswa kelas II MTS Asthoffaina, 2) setelah diketahui jumlah siswa yang belum mampu: a) mempraktekkan materi ibadah, membaca ayat-ayat Al Quran yang terkandung dalam materi ibadah, c) Memahami makna ayat-ayat Al Qur`an yang terkandung dalam materi ibadah, maka dirancang beberapa kegitan yang akan dilaksanakan untuk meningkatkan kemampuan praktek, kemampuan baca dan kemapuan memahami makna ayat-ayat Al Qur`n yang terkandung dalam materi ibadah yang akan dilaksanakan melalui kegiatan PKM ini. Hasil pelaksanaan PKM menunjukkan bahwa setelah dilaksanakan pelatihan praktek membaca Al Qur`anĀ sesuai ketentuan Ilmu Tajwid dalam rangka pembinaan Tahsinul Qiro`ah (perbaikan bacaan Al Qur`an) dengan menggunakan metode belajar membaca Al Qur`an secara cepat, yakni metode Iqra`, maka terjadi peningkatan kemampuan baca Al Qur`an siswa pasca pelatihan membaca Al Qur`an sesuai ketentuan Ilmu Tajwid. Peningkatan kemampuan siswa dilihat dari adanya peningkatan kemampuan siswa dalam membaca yat Al Qur`an dari segi bacaan panjang dan pendeknya atau pengucapan hurufnya dan harokatnya.

Published
2022-04-11