PENGGUNAAN HAND SANITIZER DAN MASKER YANG BAIK ERA PANDEMI COVID-19 PADA MURID TK IT RIYADHUS SHALIHIN BANDAR LABUHAN TANJUNG MORAWA

  • Anny Sartika Daulay Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Sri Wahyuni Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Halimatul Maryani Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Keywords: hand sanitizer, masker, TK Riyadhus Shalihin

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu Tridharma Perguruan Tinggi yang dilaksanakan karena merupakan kewajiban dosen. Pada era covid-19 sekarang ini PKM tetapi dilakukan dengan memperhatikan dan mengikuti protokol kesehatan. Materi yang akan disampaikan pada pelaksanaan PkM pada TK. IT Riyadhus Shalihin  berkaitan dengan pencegahan penyebaran virus Covid-19. Sediaan hand sanitizer merupakan pembersih tangan tanpa air yang sangat dibutuhkan saat ini yang bertujuan untuk menghambat pertumbuhan penyakit sehingga tidak ikut masuk pada mulut kita ketika makan, sebagai pembersih tangan yang sehat dan segar sekaligus dapat membunuh kuman. Pada PKM ini akan dijelaskan kegunaan masker yaitu untuk menyaring udara yang kita hirup sehingga pada saat bernafas, debu dan kuman penyakit tertinggal pada permukaan masker.

 Pemberian pemahaman tentang penggunaan hand sanitizer dan masker yang baik pada murid-murid TK. IT Riyadhus Shalihin sangat perlu dan telah dilakukan untuk menambah pengetahuan yang benar pada murid-murid TK. IT Riyadhus Shalihin. Pada PKM ini pembelajaran tentang penggunaan masker yang benar juga telah dilaksanakan.

Berdasarkan pelaksanaan Program Kemitraan Masyarakat pada TK. IT Riyadhus Shalihin yang telah dilakukan, dengan cara pemberian pempelajaran cara-cara penggunaan sediaan hand sanitizer dan masker maka dapat dinyatakan murid-murid menjadi terampil mencuci tangan dan menggunakan masker yang baik. Media pembelajaran digunakan dalam pengabdian ini adalah vidio dan musik yang ceria sehingga murid tidak merasa bosan dan dapat menerima dengan baik informasi yang diberikan. Dengan demikian pelaksanaan kegiatan PKM ini dapat bermanfaat dan berguna bagi murid TK. IT Riyadhus Shalihin.

Published
2022-04-22