SOSIALISASI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME BERINTEGRASI MEDIA YOUTUBE UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGAJAR BAGI GURU MTS SWASTA LAB IKIP AL WASHLIYAH

  • Alfitriana Purba Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Abdul Marif Rambe Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Asnarni Lubis Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Keywords: Guru Pandemi, Pembelajaran Menarik, Youtube

Abstract

Mitra dalam program PKM ini adalah Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTS.s) Lab. IKIP Al Washliyah yang berlokasi di Jl. Garu II A No.02, Kelurahan Sitirejo II, Kecamatan Amplas, Kota Medan yang memiliki jumlah guru sebanyak 25 orang yang terdiri dari 18 orang guru senior, dan 7 orang guru muda. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, diketahui bahwa guru masih mengalami kesulitan dalam mengajar online untuk era new normal. Pandemi saat ini, mengakibatkan banyak guru kebingungan untuk bagaimana menyampaikan materi yang diajarkan sehingga tujuan pembelajaran tercapai dengan baik, bahkan guru juga menjelaskan bahwa kebanyakan hanya menjelaskan bahkan banyak toleransi yang diberikan kepada siswa, artinya guru hanya mengajar hanya dengan seadanya saja, guru hanya memberikan materi masalah kepahaman siswa guru hanya pasrah, yang terpenting guru melaksanakan pembelajaran. Hasil yang diperoleh dari kegiatan ini adalah Kegiatan pengabdian ini memberikan kontribusi kepada guru untuk tetap focus memberikan pembelajaran terbaik dan membuka cara yang tepat untuk tetap memberikan pembelajaran yang menarik, menggunakan teknologi seperti menggunakan tontonan youtube sebagai media pembelajaran untuk membangkitkan aktivitas belajar di rumah saja, sehingga akan menarik peserta diidk untuk tetap belajar memahami dan menalar apa saja yang harus dijelaskan pada materi yang akan diselelsaikan.

Published
2022-04-22