SOSIALISASI CARA MENCIPTAKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA YANG MENYENANGKAN DI KELAS
Abstract
SD Swasta Al-Washliyah 02 Proyek UNIVA Medan merupakan salah satu sekolah yang menerapkan kurikulum 2013 dan nilai-nilai islami dalam pembelajaran. Namun, ada beberapa masalah yang dihadapi oleh sekolah tersebut seperti pemahaman siswa dalam pelajaran matematika dan IPA masih rendah, fasilitas laboratorium dan perpustakaan sekolah yang kurang memadai serta motivasi belajar siswa yang masih rendah. Berdasarkan beberapa permasalahan yang telah diuraikan di atas maka yang menjadi fokus permasalahan adalah pemahaman siswa dalam pelajaran matematika masih rendah. Hal ini disebabkan oleh karena pembelajaran matematika yang tidak menyenangkan dengan kondisi kelas yang pasif dan siswa kurang dilibatkan dalam pembelajaran. Adapun upaya untuk mengatasi permasalah tersebut adalah dengan memberikan sosialisasi kepada guru-guru di sekolah tersebut mengenai cara menciptakan pembelajaran matematika yang menyenangkan di kelas. Prosedur kegiatan program IbM dalam usulan ini meliputi tahapan: (1) persiapan, (2) pelaksanaan, (3) observasi dan evaluasi, (4) penulisan laporan, (5) diseminasi. Hasil kegiatan pengabdian untuk masyarakat ini adalah adanya peningkatan pengetahuan guru mengenai cara menciptakan pembelajaran matematika yang menyenangkan di kelas. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan dapat disimpulkan bahwa kegiatan pengabdian pada masyarakat ini sudah berlangsung dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan, baik oleh anggota tim LPPM UMN Al-Washliyah Medan maupun para peserta program pengabdian masyarakat.