MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING BERBASIS BUDAYA
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan di masa sekarang ini menuntut para pendidik dapat menciptakan inovasi pembelajaran terutama pembelajaran matematika yang dikaitkan dengan nilai-nilai kebudayaan. Sejalan dengan tujuan Negara yang ingin memajukan kebudayaan nasional Indonesia ditengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai kebudayaannya. Dengan harapan pengkolaborasian antara pembelajaran dengan budaya setempat selain untuk melestarikan budaya yang ada juga dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi. Para pendidik juga dituntut untuk dapat menggunakan berbagai macam metode dalam pembelajaran agar suasana pembelajaran terasa nyaman. Semakin banyaknya metode dan latihan yang digunakan maka semakin tinggi tingkat pemecahan masalah matematika yang dimiliki dan sebaliknya semakin sedikitnya variasi metode dan latihan yang digunakan maka semakin rendah pula tingkat pemecahan masalah matematika mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematik Mahasiswa dengan penerapan metode penemuan terbimbing berbasis budaya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Dengan instrument penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar. Target luaran yang akan dicapai pada penelitian ini adalah jurnal.