MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENEMUAN TERBIMBING BERBASIS BUDAYA

  • Dwi Novita Sari, Nurul Azmi Saragih Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
Keywords: Penemuan Terbimbing, Budaya, Hasil Belajar

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan di masa sekarang ini menuntut para pendidik dapat menciptakan inovasi pembelajaran terutama pembelajaran matematika  yang dikaitkan dengan nilai-nilai kebudayaan. Sejalan dengan tujuan Negara yang ingin memajukan kebudayaan nasional Indonesia ditengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai kebudayaannya. Dengan harapan pengkolaborasian antara pembelajaran dengan budaya setempat selain untuk melestarikan budaya yang ada juga dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi. Para pendidik juga dituntut untuk dapat menggunakan berbagai macam metode dalam pembelajaran agar suasana pembelajaran terasa nyaman. Semakin  banyaknya metode dan latihan yang digunakan maka semakin tinggi tingkat pemecahan masalah matematika yang dimiliki dan sebaliknya semakin sedikitnya variasi metode dan latihan yang digunakan maka semakin rendah pula tingkat pemecahan masalah matematika mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematik  Mahasiswa dengan penerapan metode penemuan terbimbing berbasis budaya. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK).  Dengan instrument penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar. Target luaran yang akan dicapai pada penelitian ini adalah jurnal.

Published
2020-11-13