PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS NURUL HAKIM

  • Hizmi Wardani, Machrani Adi Putri Siregar Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
Keywords: Pendekatan Pembelajaran Saintifik, Komunikasi Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran saintifik terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Nurul Hakim. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian assosiatif yaitu untuk menganalisis pengaruh variabel independen (pendekatan saintifik) terhadap variabel dependen (kemampuan komunikasi matematika). Instrument penelitian adalah tes kemampuan komunikasi, dan angket pendekatan pembelajaran saintifik. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif, analisis regresi sederhana.  Hasil penelitian diperoleh 1) Fhitung  Ftabel atau 5,372 > 3,59 artinya terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran saintifik terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa.

Published
2020-11-13