PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS NURUL HAKIM
Keywords:
Pendekatan Pembelajaran Saintifik, Komunikasi Matematika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran saintifik terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Nurul Hakim. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian assosiatif yaitu untuk menganalisis pengaruh variabel independen (pendekatan saintifik) terhadap variabel dependen (kemampuan komunikasi matematika). Instrument penelitian adalah tes kemampuan komunikasi, dan angket pendekatan pembelajaran saintifik. Teknik analisis data adalah analisis deskriptif, analisis regresi sederhana. Hasil penelitian diperoleh 1) Fhitung Ftabel atau 5,372 > 3,59 artinya terdapat pengaruh pendekatan pembelajaran saintifik terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa.
Published
2020-11-13
Section
Articles