ANALISIS KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UMN AL WASHLIYAH MELALUI VLOG PADA MATA KULIAH INSTRUCTIONAL PLANNING AND MEDIA

  • Yugi Diraga Prawiyata Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
  • Ulian Barus Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah
Keywords: kemampuan berbicara, media, vlog

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan berbicara mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UMN Al Washliyah melalui vlog pada mata kuliah Instructional Planning and Media. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif, dimana penulis mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan berbicara. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UMN Al Washliyah pada semester III-V Tahun Akademik 2020/2021 yang berjumlah 10 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara mahasiswa berada antara level “Diatas Rata-Rata” dan “Unggul.” Dengan kata lain, dapat disimpulkan bahwa media vlog bisa menjadi alterntif media menarik yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa.

Published
2021-06-21