ANALISIS KEMAMPUAN BERBICARA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS UMN AL WASHLIYAH MELALUI VLOG PADA MATA KULIAH INSTRUCTIONAL PLANNING AND MEDIA
Abstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kemampuan berbicara mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UMN Al Washliyah melalui vlog pada mata kuliah Instructional Planning and Media. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif, dimana penulis mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan berbicara. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris UMN Al Washliyah pada semester III-V Tahun Akademik 2020/2021 yang berjumlah 10 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara mahasiswa berada antara level “Diatas Rata-Rata” dan “Unggul.” Dengan kata lain, dapat disimpulkan bahwa media vlog bisa menjadi alterntif media menarik yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa.