PENGEMBANGAN MODEL CIPP DALAM MENGEVALUASI PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI COVID-19 DI YAYASAN PENDIDIKAN AL-ISLAMIC AMALIA TEBING TINGGI

  • Isnan Nisa Nasution Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Rofiqoh Hasan Harahap Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
  • Zulfitri Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah
Keywords: Model CIPP, Evaluasi Pembelajaran, Kuantitatif

Abstract

Penelitian ini kami laksanakan di Yayasan Pendidikan Al-Islamic Amalia Tebing Tinggi, dimana tim peneliti melaksanakan program disekolah ini sebagai bentuk pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi bagi UMN-AW. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan evaluasi pembelajaran daring dengan menggunakan Model CIPP (Context,  Input,  Process,  dan  Product). Sehingga dengan adanya pengembangan evaluasi pembelajaran daring, secara bertahap diharapkan guru dapat mengetahui kekurangan dalam KBM dan mencari  solusi  terbaik  untuk  meningkatkan kualitas  pendidikan  di  sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan pendekatan kuantitatif eksperimen, yang menggunakan instrument angket untuk mengetahui seberapa besar pengembangan evaluasi pembelajaran dengan Model CIPP dapat bermanfaat untuk perbaikan pendidikan di Yayasan Pendidikan AL-Islamic Amalia Tebing Tinggi.

Published
2022-07-01