PENGEMBANGAN MODEL CIPP DALAM MENGEVALUASI PEMBELAJARAN DARING DIMASA PANDEMI COVID-19 DI YAYASAN PENDIDIKAN AL-ISLAMIC AMALIA TEBING TINGGI
Abstrak
Penelitian ini kami laksanakan di Yayasan Pendidikan Al-Islamic Amalia Tebing Tinggi, dimana tim peneliti melaksanakan program disekolah ini sebagai bentuk pelaksanaan Tri Darma Perguruan Tinggi bagi UMN-AW. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan evaluasi pembelajaran daring dengan menggunakan Model CIPP (Context, Input, Process, dan Product). Sehingga dengan adanya pengembangan evaluasi pembelajaran daring, secara bertahap diharapkan guru dapat mengetahui kekurangan dalam KBM dan mencari solusi terbaik untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah tersebut. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dengan pendekatan kuantitatif eksperimen, yang menggunakan instrument angket untuk mengetahui seberapa besar pengembangan evaluasi pembelajaran dengan Model CIPP dapat bermanfaat untuk perbaikan pendidikan di Yayasan Pendidikan AL-Islamic Amalia Tebing Tinggi.