KONTRIBUSI KECERDASAN EMOSI TERHADAP KEGIATAN MERESPON DALAM PEMBELAJARAN

  • Rizky Andana Pohan, Dika Sahputra, Maghfuza Tuzz Zahra UMN Al Washliyah
Keywords: i: kecerdasan emosi, kegiatan merespon

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bervariasinya data mengenaai kegiatan siswa
merespon pada saat pembelajaran berlangsung di kelas. Kecerdasan emosi
merupakan faktor yang diduga mempengaruhi kegiatan merespon dalam
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan kecerdasan
emosi, (2) kegiatan merespon dalam pembelajaran (3)menguji kontribusi
kecerdasan emosi terhadap kegiatan merespon dalam pembelajaran. Penelitian
ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Populasi
penelitian adalah seluruh siswa SMA Al Washliyah 3 Medan yang berjumlah 218
orang, sampel berjumlah 141 orang, yang dipilih dengan teknik
proportionalstratified random sampling. Instrumen yang digunakan untuk
kegiatan merespon adalah Skala Merespon RAP, Skala Kecerdasan Emosi DS
untuk variabel kecerdasan emosi. Data dianalisis dengan statistik deskriptif dan
regresi sederhana.Temuan penelitian memperlihatkan bahwa: (1) secara rata-rata
kecerdasan emosi berada pada kategori tinggi, (2) kegiatan merespon dalam
pembelajaran berada pada kategori tinggi, (3) terdapatkontribusi kecerdasan
emosi terhadap kegiatan merespon sebesar 8% (R= 0.284, signifikansi 0.000).
Implikasi hasil penelitian tersebutdapat dijadikan sebagai analisis kebutuhan
siswa untuk pembuatan program pelayanan bimbingan dan konseling di SMA Al-
Washliyah 3 Medan.

 

Published
2018-04-16