MODEL PEMBELAJARAN AKUNTANSI UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI BELAJAR MAHASISWA
Abstract
Akuntansi merupakan salah satu bidang ilmu yang tidak cukup di pelajari dari teori saja, begitu pula dengan akuntansi perpajakan pada umumnya, akuntansi perpajakan ini memerlukan pemahaman yang nantinya dapat diaplkasikan dalam kehidupan sehari hari, karena akuntansi perpajakan harus dapat menghitung WP diri sendiri minimal harus dikuasai oleh mahasiswayang memperoleh mata kuliah akuntansi perpajakan. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Model Group Investigation (GI) dalam upaya meningkatkan kompetensi belajar akuntansi mahasiswa Universitas muslim Nusantara Al-Washliyah pada Fakultas Keguruan dan ilmu pendidikan jurusan Pendidikan Ekonomi Tahun ajaran 2017/2018. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengembangkan model paket pembelajaran akuntansi perpajakan sebagai suatu strategi meningkatkan kualitas pembelajaran akuntansi serta meningkatkan kompetensi mahasiswa yang sesuai dengan program studi pendidikan ekonomi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, tes dan dokumentasi. Prosedur dalam Penelitian ini terdapat empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua kali siklus yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan prestasi siswa. Hasil penelitian ini adalah peningkatan prestasi siswa dalam proses pembelajaran akuntansi dengan model pembelajaran Group investigation. Dari siklus yang dilakukan dihasilkan peningkatan prestasi siswa yang cukup baik. Peningkatan prestasi siswa.