HUBUNGAN ANTARA DISIPLIN BELAJAR DENGAN KONSEP DIRI SISWA DI MTS SWASTA MUHAMMADIYAH 15 MEDAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana hubungan antara disiplin belajar dengan konsep diri siswa di MTS Swasta Muhammadiyah 15 Medan.
Subjek Penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII di MTS Swasta Muhammadiyah 15 Medan yang berjumlah 44 orang. Hipotesis dalam penelitian
ini adalah konsep diri memiliki hubungan pisitif dengan disiplin belajar siswa di MTS Swasta Muhammadiyah Sumatera Utara. Alat pengumpul data yag
digunakan dalam penelitian ini adalah skala disiplin belajar dan skala konsep diri. Kedua skala ini menggunakan model skala likert yang terdiri dari empat
alternative jawaban, dan analisis data yang digunakan adalah product moment untuk melihat korelasi antara disiplin belajar dengan konsep diri. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa disiplin belajar berhubungan positif dengan konsep diri dengan hasil r xy = 0,382 lebih besar daripada r taraf signifikan 5% (0,304)
dan lebih kecil dari pada taraf signifikan 1% (0,393) dengan formasi bandingan yaitu 0,382 ≤ 0,304 dan 0,382 ≤ 0,393.