IMPLEMENTASI “PICTURE DESCRIPTION” PADA APLIKASI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DALAM MATAKULIAH ENGLISH FOR TOURISM BAGI MAHASISWA SASTRA UMN AL- WASHLIYAH

  • Ayu Melati Ningsih UMN Al Washliyah
Keywords: picture description, media pembelajaran

Abstract

Penelitian   ini   mengkaji   implementasi   picture   description   pada   aplikasi   media pembelajaran bahasa inggris dalam matakuliah english for tourism bagi mahasi siswa UMN -AW. Tujuan dari penelitian ini adalah    untuk mengaplikasikan media pembelajaran gambar dengan menggunakan metode“picture description” pada mata kuliah English for Tourism . Didalam mata kuliah   english   for   tourism   terdapat   berbagai  macam   gambar.   Dalam   melakukan   proses pembelajaran di kelas seringkali perserta didik mengalami kesulitan dalam memahami sebuah kesimpulan  dari  bahasan.  Dengan  mengaplikasikan  media  gambar  melalui  metode  picture description  secara  terus  menerus  peserta  didik  dilatih  untuk  menguraikan  atau  menjelaskan sebuah gambar yang bertujuan untuk memahami maksud dan makna pada gambar tesebut. Salah satu  contohnya  adalah dengan  menjalaskan maksud  dari tanda  rambu -rambu  lalu  lintas atau memahami langkah-langkah sebelum masuk kedalam pesawat, sehingga para peserta didik mudah untuk memahami seluruh rangkaian hubungan materi tersebut. Tujuan penulisan p enelitian ini adalah untuk  mengetahui  : 1)  memahami  apa  yang  dimaksud  dengan  picture  description,  2) apakah picture description tepat untuk mengaplikasikan media gambar pada pembelajaran bahasa inggris dalam mata kuliah English for Tourism, 3) Implementasi picture description adalah, dosen memilih sebuah tema, kemudian menuangkannya dalam kebeberapa slide gambar menggunakan infocus.  Kemudian  peserta  didik  membuat beberapa  kelompok  dan  diundi  secara  acak  untuk memilih  sebuah  tema, kemudian  peserta  didik berdiskusi sesuai tema  nya  masing-masing dan setiap kelompok diminta untuk menjelaskan sebuah gambar secara bergilir didepan kelas menggunakan infocus.

Published
2019-02-12