PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA MAHASISWA UMN AL-WASLIYAH MELALUI METODE SELF-SELECTED READING
Abstract
Penelitian ini menyelidiki penggunaan metode self selected reading terhadap kemampuan membaca mahasiswa Universitas Muslim Nusantara. Dalam penelitian ini penulis mengungkapkan permasalahan-permasalahan yang dialami siswa. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan membaca melalui Self Selected-Reading. Dan untuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa mengenai perbedaan antara kegiatan membaca konvensional wajib dan dipaksakan dengan membaca pilihan sendiri (Self-Selected). Penelitian ini menggunakan desain studi kasus kualitatif. Studi kasus ini menggunakan banyak sumber data termasuk dua atau lebih dari: observasi, wawancara dan dokumen. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester 6 (enam) jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UMN AL-Wasliyah yang berjumlah 30 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan adanya peningkatan pada skor yang diperoleh siswa pada lembar ujian membaca dimana hanya 30% siswa yang lulus dan melewati nilai standar pada materi bacaan pilihan guru (teacher-assigned reading material). Sedangkan pada materi bacaan pilihan sendiri (Self selected-reading) ada 86,7% siswa yang memperoleh nilai standar diatas 60. Pada umumnya, siswa memiliki persepsi positif terhadap memilih bacaan sendiri dimana ada 28 siswa yang memilih materi bacaan sendiri (self-selected material). Beberapa factor yang mempengaruhi diantaranya adalah; penggunaan background knowledge, grammar level dan vocabulary yang dapat disesuaikan dengan kemampuan siswa, pemilihan topik sesuai minat dan kesulitan materi bacaan pilhan guru terutama dalam menjawab soal terkait main idea, topic, dan purpose.