PENGGUNAAN MEDIA KARTU PERMAINAN BILANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA

  • Dwi Novita Sari, Putri Juwita UMN Al Washliyah
Keywords: media pembelajaran, kartu bilangan, penelitian tindakan

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui “apakah media kartu permainan bilangan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa?”.  Batasan masalah dalam penelitian ini bertujuan agar penelitian yang dilakukan jauh lebih fokus, diantaranya: (1) Media kartu permainan bilangan (domino) yang dimaksud dalam penelitian ini adalah media kartu yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pecahan dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas V SDIT Deli Insani Desa Tanjung Morawa.(2) Kemampuan pemahaman konsep pecahan dalam pembelajaran matematika siswa kelas V SD yang materinya mengenai membandingkan besar nilai pecahan, mengubah dalam bentuk persen atau sebaliknya dan mengubah dalam bentuk desimal. Metode yang digunakan dalam  penelitian ini berupa penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDIT Deli Insani yang berjumlah 30 orang siswa. Metode pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Analisis data  yang digunakan adalah analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa dari siklus I dan siklus II. Persentase peningkatan hasil pratindakan, siklus I dan siklus II kemampuan pemahaman konsep siswa yaitu 13.04% untuk indikator mengidentifikasi bentuk bilangan dengan menggunakan kartu permainan bilangan (domino) dan  indikator menyelesaikan permasalahan dalam operasi bentuk  pecahan dengan menggunakan domino 27.26%. indikator keberhasilan pada siklus II mencapai 80%.

Published
2019-02-12