PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH PADA MATERI HUKUM NEWTON TENTANG GERAK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar siswa kelas X semester I pada materi Hukum Newton Tentang Gerak di SMA An Nizam Medan T.A 2017/2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Semester I SMA A Nizam Medan. Sampel penelitian ini diambil dua kelas yaitu sebagai kelas eksperiment dan kelas kontrol yang ditentukan dengan cara cluster random sampling. Instrument penelitian yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 15 soal. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t. Dari analisa perbedaan rata-rata hitung diperoleh nilai thitung = 3.45, sedangkan nilai ttabel untuk taraf signifikan α = 0,05 dan derajat kebebasan 19 adalah 2.09 berarti thitung> ttabel, maka nilai hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima atau dengan perkataan lain data menunjukkan bahwa “Terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran berbasis masalah terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi pokok hukum newton tentang gerak”.