HUBUNGAN PERSEPSI SISWA SMA ERIA MEDAN TENTANG FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

  • Shinta Marito Siregar UMN Al Washliyah
Keywords: persepsi, hasil belajar fisika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa tentang fisika terhadap hasil belajar fisika siswa. Dengan penelitian ini akan diketahui hubungan antara persepsi siswa tentang fisika yang disebabkan oleh kepribadian guru, metode mengajar, persepsi publik, minat dan motivasi terhadap hasil belajar fisika siswa, sehingga dapat sebagai bahan masukan bagi guru, siswa dan masyarakat luas agar bisa membangun persepsi positif tentang fisika sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA dan XI MIA SMA Swasta ERIA Medan  yang terdiri dari 164 siswa. Sampel penelitian ini adalah seluruh populasi yang terdiri dari 164 siswa. Variabel penelitian ini yaitu variabel bebas (X) persepsi siswa tentang fisika dan variabel terikat (Y) hasil belajar fisika siswa. Instrumen penelitian berupa angket yang terdiri dari 30 pertanyaan dan dokumentasi yang berisi skor hasil ujian semester ganjil. Analisis instrumen yang digunakan adalah uji regresi sederhana dan uji korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rhitung0,5141 pada taraf signifikan 0,05 diperoleh rtabel = 0,1524, karena rhitung lebih besar dari rtabel yaitu 0,5141 > 0,1524 maka signifikan. Sehingga hipotesis penelitian “terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa tentang fisika terhadap hasil belajar fisika siswa SMA Swasta ERIA Medan ” makaditerima. Dengan demikian, kesimpulan dalam penelitian ini adalah persepsi siswa tentang fisika memiliki hubungan yang positif terhadap hasil belajar fisika siswa.

Published
2019-02-12