PENGARUH METODE DIRECTED READING THINKING ACTIVITY (DRTA) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN

  • Horia Siregar, Nila Afningsih UMN Al Washliyah
Keywords: kemampuan membaca pemahaman, directed reading thinking activity DRTA), report text

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA) mempengaruhi kemampuan membaca pemahaman khususnya pada report text. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experiment dengan bentuk desain statis dua kelompok. Variabel terikat kemampuan membaca dan variabel bebasnya adalah metode Directed Reading Thinking Activity (DRTA). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa prodi Akuntansi semester IVA sebagai kelompok eksperimen dan IVC sebagai kelompok kontrol yang masing-masing berjumlah 40 mahasiswa dalam 1 kelas. Tahapan penelitian ini adalah melakukan tes awal, dilanjutkan dengan pemberian perlakuan berupa penerapan metode ceramah di kelas kontrol dan penggunaan metode DRTA (Directed Reading Thinking Activity) di kelas ekperimen. Selanjutnya, dilaksanakan tes akhir di kedua kelas. Hasil tes menunjukkan bahwa hasil nilai yang diperoleh kelas eksperimen lebih baik jika dibandingkan dengan kelas kontrol. Hal ini membuktikan bahwa metode Directed Thinking Activity (DRTA) dapat meningkatkan kemampuan membaca report text mahasiswa prodi Akuntansi Universitas Muslim Nusantara Medan.

Published
2019-02-13