MENINGKATKAN PENALARAN MORAL MAHASISWA DALAM MEREDUKSI PERILAKU MENYONTEK MELALUI PENDEKATAN ANALISIS TRANSAKSIONAL

  • Jamilah Aini Nasution, Ahmad Sukri Nasution UMN Al Washliyah
Keywords: penalaran moral, perilaku menyontek, pendekatan analisis transaksional.

Abstract

 

Secara umum, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan analisis transaksional untuk meningkatkan penalaran moral mahasiswa BK UMN Al Washliyah guna mereduksi perilaku menyontek. Kemudian secara  khusus,  penelitian  ini  bertujuan  untuk  membuktikan  bahwa  terdapat  perbedaan penalaran moral mahasiswa BK UMN Al Washliyah sebelum dan sesudah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan analisis transaksional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian eksperimen dengan menggunakan bentuk pre experimental design yang digunakan dalam penelitian ini adalah the one group pretest posttest design. Adapun subjek penelitian yaitu mahasiswa BK UMN Al Washliyah yang tingkat penalaran moral berkategori rendah sebanyak 6 (enam) orang mahasiswa dan berkategori tinggi 4 (empat) orang mahasiswa. Alat ukur penalaran moral yang digunakan dalam penelitian yaitu instrumen yang sudah baku. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Asymp. Sig. lebih kecil dari alpha yaitu 0.005 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan analisis transaksional efektif untuk meningkatkan penalaran moral mahasiswa guna mereduksi perilaku menyontek.

Published
2019-02-13