MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DENGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA RALISTIK (PMR) PADA MATERI MATEMATIKA DASAR SATU TAHUN AJAR 2017/2018
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada mata kuliah Matematika Sekolah Dasar Satu pada pokok bahasan pecahan dengan pembelajaran matematika realistic (PMR) Tahun Ajar 2017/2018.Untuk mempermudah pelaksanaan analisis pembelajaran dilakukan pree test dalam memperoleh data, setelah itu melakukan yaitu (1) perencanaan tindakan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan/observasi dan (4) refleksi, Siklus penelitien ini akan berhenti apabila indikator keberhasilan dalam penelitian mencapai 75%.Berdasarkan rumusan masalah dan pembahasan dari penelitian ini, dapat disimpulkan: Dengan dilakukannya pembelajaran matematika realistic (PMR) untuk meningkatkan pemahaman konsep mahasiswa pada mata kuliah Matematika Sekolah Dasar Satu terjadi peningkatan sebesar 1,123% pada pokok bahasan pecahan, setelah diterapkan tindakan siklus 1 dibandingkan sebelum diberikan tindakan. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II pemahaman konsep mahasiswa mengalami peningkatan sebesar 40,92% dibandingkan siklus I , serta mengalami peningkatan 41,58% dibandingkan sebelum diberikan tindakan (prasiklus). 1. Setelah dilakukannya aktivitas dosen dalam penerapan pembelajaran matematika realistic ternyata sangat efektif, karena mencapai tujuan pembelajaran lebih besar sama dengan 75 (≥ 75) dan mencapai ketuntasan 85% yang waktunya kurang dari sama dengan pembelajaran biasa . 2 Aktifitas mahasiswa selama didalam perkuliahan, mengalami peningkatan sehingga dapat simpulkan bahwa adanya respon mahasiswa terhadap penerapan pembelajaran ini.