PENGARUH KECEMASAN MATEMATIS DAN GENDER TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS MAHASISWA
Abstract
Matematika adalah salah satu ilmu yang ada di setiap jenjang pendidikan baik dari pendidikan dini, pendidikan dasar, menengah maupun perguruan tinggi. Walaupun matematika telah dipelajari sejak dini, namun kenyataanya peserta didik masih merasakan cemas saat harus mempelajarinya. Tingkat kecemasan yang dirasakan peserta didik berdampak pada tingkat kemampuan yang dimiliki dalam memahami materi. Semakin tinggi tingkat kecemasan maka semakin rendah tingkat pemahaman yang dimiliki dan sebaliknya semakin rendah tingkat kecemasan maka semakin tinggi pula tingkat pemahaman yang dimiliki peserta didik. Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kecemasan matematis terhadap kemampuan pemahaman matematis, (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh gender terhadap kemampuan pemahaman matematis kemampuan pemahaman matematis dan (3) untuk mengetahui ada tidaknya interaksi antara pengaruh kecemasan matematis dan gender terhadap kemampuan pemahaman matematis mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode ex post facto. Pengumpulan data kecemasan matematis terhadap kemampuan pemahaman matematis diperoleh dari angket sedangkan data kemampuan pemahaman matematis mahasiswa diperoleh dari tes soal uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi 1) terdapat pengaruh kecemasan matematis terhadap kemampuan pemahaman matematis mahasiswa, 2) terdapat pengaruh gender terhadap kemampuan pemahaman matematis mahasiswa dan 3) tidak terdapat interaksi antara pengaruh kecemasan matematis dan gender terhadap kemampuan pemahaman matematis mahasiswa.