ANALISIS STRATEGI PEMASARAN HASIL TANGKAPAN IKAN NELAYAN TRADISIONAL DI DESA PALUH SIBAJI KECAMATAN PANTAI LABU KABUPATEN DELI SERDANG
Abstract
Perairan Kabupaten Deli Serdang merupakan salah satu wilayah perairan yang memiliki sumber daya ikan yang cukup di Kabupaten Deli Serdang. Sumber daya ikan tersebut telah banyak dimanfaatkan oleh nelayan di Kabupaten Deli Serdang. Tingginya produksi ikan hasil tangkapan tersebut perlu didukung oleh pemasaran yang baik agar semua pelaku usaha dapat memperoleh manfaat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan Strategi Pemasaran Hasil Tangkapan Ikan Di desa Paluh Sibaji Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang. Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Deli Serdang. Populasi dalam penelitian ini adalah nelayan yang melakukan kegiatan menangkap ikan di Kecamatan Pantai Labu. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survei, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan Analisis swot. Hasil penelitian menunjukan strategi yang diperoleh untuk meningkatkan pemasaran hasil tangkapan ikan nelayan tradisional di desa Paluh Sibaji Kecamatan Pantai Labu Kabupaten Deli Serdang adalah strategi SO (Strengths-Opportunites yaitu mengunakan kekuatan untuk memanfaatkan peluang yang ada dengan kegiatan Meningkatkan Produksi Optimalkan peran SDM untuk meningkatkan pemasaran produk di pasaran. (S1-O1) Tingkatkan kontinuitas dan kelancaran distribusi (S2-O3) Perluas pangsa pasar dengan sistem distribusi yang handal dan optimalisasi pemasaran (S3-O3) Pemberdayaan SDM dalam memanfaatkan kemudahan memasarkan hasil tangkapan ikan (S1-03) Optimalkan kualitas ikan sesuai kebutuhan pasar untuk mencapai harga sesuai pasaran (S3-04) Sosialisasi tenaga kerja agar memahami peran pemerintah dalam pengamanan nelayan (S4-O2).