ARTIKULASI KONSONAN MAHASISWA PGSD UMN AL WASHLIYAH BERDASARKAN TINGKAT SEGMENTAL

  • Rini Fadhillah Putri, Rizqy Fadhlina Putri UMN Al Washliyah
Keywords: Tingkat Segmental Konsonan

Abstract

Berdasarkan pengalaman mengajar di jurusan PGSD UMN Al Washliyah, ditemukan permasalahan artikulasi yang tidak sesuai dengan pelafalan yang diterima (receive pronunciation).Target khusus adalah mengetahui faktor- faktor penyebab kesalahan tingkat segmental konsonan pelafalan bahasa Inggris mahasiswa PGSD UMN Al Washliyah. Penelitian ini bertujuan untuk mendiagnosa tingkat segmental pelafalan konsonan bahasa Inggris mahasiswa PGSD Universitas Muslim Nusantara (UMN) Al-Washliyah Tahun Ajaran 2018/2019 pada Semseter III. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dari hasil pelafalan konsonan pada kata bahasa Inggris oleh responden yang merupakan mahasiswa PGSD yang dipilih secara random purposive yang ditunjuk untuk melafalkan fonem segmental yang disiapkan peneliti secara acak yang dikutip dari beberapa kamus bahasa Inggris. Data yang diambil adalah fonem-fonem segmental bahasa Inggris yaitu konsonan. Hasil menunjukkan bahwa pelafalan konsonan pada mahasiswa PGSD UMN Al Washliyah dikategorikan baik. Hal ini disebabkan oleh pelafalan konsonan dalam bahasa Indonesia dan bahasa inggris cenderung sama, namun yang membuat artikulasi konsonan itu berbeda adalah aksen atau logat dari budaya responden.

Published
2019-10-01