Keterampilan Mahasiswa Menulis Recount Text Dengan Metode Genre- Based Approach
Abstract
Penelitian ini mengkaji penerapan model pembelajaran dengan metode genre based- Approach meningkatkan ketrampilan menulis mahasiswa pada mata kuliah writing skill, khususnya menulis recount text. Writing skill merupakan hal yang sangat penting dalam teaching English learning process dan salah satu skill yang harus dikuasai oleh mahasiswa dalam mempelajari bahasa inggris. Kenyataannya,mahasiswa sering mengalami kesulitan dan kurang tertarik dalam menulis recount text. Penyebabnya antara lain,kurangnya kosakata mahasiswa, teknik penyampaian materi yang kurang bervariasi,dan media pembelajaran yang tidak interaktif. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan menulis dengan menggunakan media pemebelajaran yang menarik dalam proses belajar mengajar dikelas yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran genre based Approach. Hasil pembelajaran Writing II dengan mengimplementasikan genre based approachpada kelas III A prodi Pendidikan Bahasa Inggris menunjukkan peningkatan dalam siklus I dan II. Data kuantitatif penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan genre-based dalam pembelajaran penulisan teks meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menulis. Hasil nilai rerata mahasiswa sebelum siklus I dilaksanakan adalah 65.59, meningkat menjadi 78 di akhir siklus I, dan meningkat kembali menjadi 90 di akhir siklus II mahasiswa dalam pembelajaran Writing II menunjukkan peningkatan nilai rerata dari pre test, post test siklus I dan post test siklus II. menunjukkan peningkatan nilai yang diperoleh mahasiswa dinilai berdasarkan struktur dan organisasi teks.Sementara itu tabel 3 menunjukkan peningkatan nilai yang diperoleh mahasiswa berdasarkan kemampuan dalam logical development of ideas.