PENGEMBANGAN PETA KONSEP PADA MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi merupakan kemampuan kognitif yang sangat penting untuk di ukur pada matematika. Kemampuan ini pada kenyataanya masih tergolong rendah. Siswa masih mengalami kesulitan saat mengerjakan soal cerita sehingga untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi menggunakan peta konsep dengan model problem based learning. Penelitian ini dikategorikan ke dalam penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretes Posttest Control Group Design. Dalam rancangan ini terdapat dua kelompok yang dipilih secara random, kemudian diberi pretest untuk mengetahui sejauh mana kesiapan siswa menerima pembelajaran pada pokok bahasan persamaan linier tiga variabel dan untuk mengetahui apakah kemampuan sesuai atau tidak, maka dilakukan tes awal (pretes). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) terdapat pengembangan peta konsep pada model PBL untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa, (2) terdapat pengembangan peta konsep pada model PBL untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa, (3) 85% aktivitas siswa meningkat dengan penerapan model PBL berbantuan peta konsep dan (4) proses penyelesaian masalah yang dibuat oleh siswa dalam menyelesaikan masalah dengan peta konsep pada model PBL menunjukkan peningkatan dibandingkan dengan sebelum diberikan pembelajaran dengan menggunakan peta konsep.