PENERAPAN TEKNIK 3M (MENGAMATI, MENIRU, DAN MENAMBAHI) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA MATAKULIAH JURNALISTIK BAGI MAHASISWA SASTRA INGGRIS UNIVERSITAS MUSLIM NUSANTARA AL-WASHLIYAH MEDAN
Abstract
Penelitian ini mengkaji implementasi teknik 3M (mengamati, meniru, dan menambahi) dalam pembelajaran menulis teks berita matakuliah jurnalistik bagi mahasiswa sastra Inggris Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan. Perkuliahan jurnalistik menjadi tantangan tersendiri bagi mahasiswa. Teori dan praktik menjadi inti dari perkuliahan tersebut. Salah satu teori yang penting diajarkan kepada mahasiswa adalah tentang bentuk-bentuk berita. Ada tiga bentuk berita yang harus dikuasai oleh setiap mahasiswa yakni straight news (berita langsung saat kejadian), investigasi (berita yang membutuhkan pengamatan, penelitian, dan pengumpulan data terlebih dahulu sebelum menjadi tulisan), dan feature (berita mengenai suatu objek atau peristiwa yang bersifat memberikan informasi, mendidik, menghibur, meyakinkan, serta mengunggah simpati atau empati pembaca). Mahasiswa sering mengalami kesulitan dalam menyusun ketiga bentuk berita tersebut. Salah satu teknik pembelajaran yang tepat untuk mengajar matakuliah jurnalistik adalah teknik 3M (mengamati, meniru, dan menambahi). Teknik tersebut mempermudah mahasiswa untuk menguasai keterampilan menyusun teks berita dalam matakuliah jurnalistik. Dengan langkah-langkah dari mengamati, menirukan, dan menambahi mahasiswa diharapkan dapat menyusun teks berita sesuai dengan unsur-unsur pembangunnya.