Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Peristilahan Bagi Siswa - Siswi SMA ISTIQLAL Deli Serdang
Abstract
Penelitian pengembangan bahan ajar ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pengembangan bahan ajar bahasa Indonesia berbasis peristilahan bagi siswa – siswi di Deli serdang, (2) tingkat validasi bahan ajar bahasa Indonesia berbasis peristilahan bagi siswa – siswi di Deli serdang, (3) respon siswa - siswi yang berkaitan keterbacaan bahan ajar bahasa Indonesia berbasis peristilahan. Subjek penelitian ini adalah ahli isi bahan ajar, guru mata pelajaran bahasa Indonesia, dan siswa – siswi SMA Istiqlal Deli Serdang. Prosedure penelitian ini mengadaptasi prosedure penelitian dari Borg dan Gall. Metode yang digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, angket dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) bahan ajar dirancang sesuai dengan kurikulum 2013 berbasis peristilahan, (2) tingkat validasi bahan ajar berada pada kualifikasi baik, dan (3) respon pengguna bahan ajar dalam tahap uji lapangan tergolong baik.