INTERAKSI MODEL PEMBELAJARAN SCIENTIFIC INQUIRY DAN PENALARAN FORMAL TERHADAP PENGETAHUAN ILMIAH FISIKA SISWA
Abstract
Pengetahuan ilmiah merupakan dampak langsung yang diharapkan dalam model pembelajaran Scientific Inquiry (Joyce, 2009), yang berarti bahwa Pengetahuan Ilmiah merupakan hasil belajar yang ingin dicapai dalam pembelajaran. Pengetahuan ilmiah merupakan hasil belajar fisika siswa yang berkenaan dalam penguatan struktur kognitif dalam memahami, menguasai dan menerapkan konsep fisika sehingga siswa dapat menyelesaikan permasalahan fisika dari yang sederhana sampai dengan yang kompleks.Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan Pengetahuan Ilmiah Fisika antara siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Scientific Inquiry dan pembelajaran konvensional 2. Untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan Pengetahuan Ilmiah Fisika yang disebabkan oleh Penalaran Formal siswa 3. Untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dan Penalaran Formal dalam meningkatkan Pengetahuan Ilmiah siswa?. Adapun desain penelitian dalam penelitian ini menggunakan analisis yang berbeda untuk dua variabel terikat. Kesimpula pada penelitian ini adalah 1. Kemampuan pengetahuan ilmiah fisika siswa menggunakan pembelajaran scientific inquiry lebih baik dibandingkan dengan kemampuan pengetahuan ilmiahsiswa menggunakan model pembelajarankonvensional, 2. Kemampuan pengetahuan ilmiah fisika siswa pada kelompok penalaran formal di atas rata-rata lebih baik dibandingkan kemampuan pengetahuan ilmiah fisika siswa pada kelompok penalaran formal di bawah rata-rata, 3.Terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan penalaran formal dalam meningkatkan pengetahuan ilmiahfisika siswa.