PENINGKATAN SIKAP SELF-EFFICACY MAHASISWA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan peningkatan sikap self efficacy antara mahasiswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah dengan mahasiswa yang diberi
pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu. Variabel penelitian ini terdiri atas variabel bebas yaitu model pembelajaran berbasis
masalah dan sedangkan variabel terikatnya yaitu sikap self efficacy mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan di UMN Al-Washliyah Medan yang beralamat di Jalan Garu
II No. 52 Medan. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa prodi Pend.
Matematika FKIP UMN Al-Washliyah Medan dan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa prodi Pendidikan Matematika semester III dengan mengambil dua kelas
yaitu III A dan III B secara acak (kelas eksperimen dan kelas kontrol). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan angket. Angket yang
digunakan yaitu skala sikap self efficacy (pre tes dan post tes). Data yang sudah dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil
analisis tersebut diperoleh yaitu: peningkatan sikap self-efficacy mahasiswa yang diberi pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada mahasiswa yang diberi
pembelajaran langsung. Oleh karena itu, disarankan pembelajaran berbasis masalah dijadikan alternatif bagi dosen untuk meningkatkan sikap self-efficacy mahasiswa.